Perbedaan Mobil Murah: Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda Brio Satya

Perbedaan Mobil Murah: Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda Brio Satya

Program mobil murah ramah lingkungan sempat diresmikan menteri perindustrian meski sempat menjadi perdebatan. Mobil murah disebut sebagai kendaraan bermotor roda empat hemat energi dan harga terjangkau (KBH2). Toyota meluncurkan Agya bermain di rentang Rp 100 juta-Rp 122 juta. Daihatsu meluncurkan Ayla dengan harga Rp 75 juta-Rp 114 juta. Honda juga tak kalah mengeluarkan Brio Satya, dengan 3 varian dijual dengan harga Rp 106 juta-Rp 117 juta. Berbeda dengan kedua kompetitornya, mobil paling murah yang pernah dijual Honda di era modern ini hanya punya versi transmisi manual. Kendati demikian, Satya memberikan nilai lebih dengan kapasitas mesin lebih besar, yakni 1,2 liter.

Mobil murah karena memanfaatkan fasilitas baru dari pemerintah berupa keringanan pajak dan insentif untuk mobil murah ramah lingkungan LCGP (low cost green car). Diharapkan dengan mobil LCGC maka kuota subsidi BBM tidak akan cepat habis karena mobil mampu menempuh jarak lebih jauh untuk 1 liter bensin nya (sekitar 20 km). selain itu harga murah juga karena kandungan loka yang tinggi dan bahan material baru yang lebih murah.

 

.

.

.

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

  • Ayla dirancang sesuai dengan tuntutan konsumen Indonesia, yang bisa memuat 5-penumpang ditambah dengan ruang atau barang berukuran 3 galon air dan 2 kotak mi goreng.
  • Kondisi lapangan yang dipertimbangkan adalah bisa menghadapi jalan yang dipenuhi genangan air (banjir), permukaan jalan yang “keriting” (banyak yang rusak), dan mudah berbalik arah (U-turn).
  • Konsumsi bahan bakar paling rendah, 20 km per liter, dengan pengetesan di laboratorium. Sementara hasil lomba irit yang dilakukan oleh Daihatsu untuk kedua transmisi, yakni manual dan otomatis, sangat bervariasi. Untuk transmisi manual adalah 27,9 km per liter. Sedangkan wartawan Indonesia berkisar dari 27,3 – 18,9 km per liter. Pengukuran didasarkan pada alat ukur yang digunakan pada mobil ini dan tentu saja kondisi sirkuit tanpa lampu merah dan panjang sirkuit hanya 2,0 km.
  • Untuk transmisi otomatis adalah 21,8 km per liter. Sedangkan wartawan berkisar antara 21,6 – 16,8 km per liter. Hasil buruk sebagian peserta, mereka harus menjalani pada saat hujan deras. Pada kondisi tersebut, tidak ada penumpang, barang, dan hanya pengemudi yang didampingi teknisi Daihatsu yang mencatat hasil.
  • Basis mesin yang digunakan Agya-Ayla adalah 1KR-DE, sama dengan yang digunakan Xenia 1.000 cc (EJ-VF). Mesin ini dikembangkan lagi, lebih ringkas dan ringan agar konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Tenaga yang dihasilkan 48 kW@6.000 rpm dan torsi 88 Nm @3.600 rpm. Lebih besar dari Xenia karena diameter piston diperkecil dari 72 mm menjadi 71 mm, tetapi langkah diperpanjang dari 81 menjadi 84 mm. Diklaim lebih ringan 82 persen dari mesin Xenia. Hasil itu bisa diperoleh karena saluran isap dan kepala silinder kini menggunakan resin. Tutup rantai disatukan, ukuran kepala silinder diperkecil. Jaket blok silinder dan kepala silinder juga dioptimalkan. Lubang saluran buang disatukan dengan kepala silinder.
  • Untuk bobot total, Daihatsu juga membandingkan dengan city car yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Mitsubishi Mirage, Kia Picanto, dan Honda Brio. Perbandingannya, Agya-Ayla 730 kg, Mirage 860 kg, sedangkan Picanto dan Brio 910 kg. Untuk menekan bobot yang bisa memperingan mesin juga dilakukan terhadap komponen di interior. Misalnya, rangka jok dirancang ulang. Daihatsu mengklaim, mereka bisa mengurangi bobot sampai 10 persen. Di sisi lain, desainnya juga dinilai paling aerodinamis di segmen (A), yaitu 0,32. Bahkan, ban juga diminta khusus, berhambatan rendah!
  • Varian / Type ada 3 Type D (terendah), type M dan type X. perbedaan dengan type D adalah (tanpa CD player, tanpa Velg alloy, tanpa AC, tanpa airbag, dengan spion non elektrik), Tipe sangat standar: tidak ada power steering, AC, dan audio. Pelek pelat baja tanpa dop dan ban 155/80R13! Tipe D+ ditambahi dengan AC, dop roda, dan power steering. Untuk tipe M, selain kelengkapan D+, ditambahkan pula jok dari fabric penuh, kantong di belakang jok depan, head rest, sunvisor, power window, dan central lock. Tipe X ditambahkan dengan gril berlapis krom, lampu kabut, spion luar yang dioperasikan dengan tombol (listrik). Ornamen samping berlapis krom, spoiler belakang dengan lampu rem atas, ban ukuran 175/65R14, dan pelek allloy.
  • Audio 2DIN yang bisa memainkan CD, MP3 koneksi USB dan AUX. Lainnya adalah tachometer, multi-information display, eco indicator/intermittent wiper, alarm, dan sensor mundur (back sonar).
  • Harga untuk type terendah ada di Rp 70 jutaan

 

.

.

.

Spesifikasi daihatsu ayla 2012

  • type specs : City car Hatchback
  • panjang mobil : 3,58 m
  • lebar mobil : 1,6 m
  • tinggi mobil : 1,51 m
  • sumbu roda : 2,73 m
  • radius putar ayla : 4,4 m
  • berat kosong : 745 kg
  • Mesin : 998 cc
  • Tenaga mesin : 65 HP pada 6000 rpm (lebih power dari xenia 1000 cc)
  • jumlah silinder mesin : 3
  • jumlah Valve mesin : 12
  • torsi : 85 Nm pada 3600 rpm
  • Ban penggerak : Ban depan
  • Ukuran ban R14 175/65 (type D = R13)

 

.

.

.

Toyota Agya

  • Seluruh tipe dilengkapi dengan dua kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan serta power steering (menggunakan motor listrik).
  • Paling murah, Rp 99,9 juta, tipe E dipasangi ban 155/80 R13 dengan pelek dari pelat baja dengan tambahan dop plastik. Adapun tipe G dan TRD S sudah menggunakan pelek 175/65R-14 alloy.
  • Semua varian otomatik sudah menggunakan rem cakram (depan) berventilasi, spion luar yang bisa disetel melalui tombol (listrik), lampu kabut, spoiler atas belakang dengan lampu rem, serta pilar tengah yang dihitamkan. Juga ada tambahan ornamen khusus berlapis krom untuk lampu kabut.
  • Tipe G dan TRD S yang dilengkapi dengan multi-information display (MID), panel berlayar yang langsung menayangkan informasi konsumsi bahan bakar, eco indicator, audio 2DIN. Sementara itu, tipe TRD S adalah G yang dipasangi aerokit TRD untuk depan, belakang, samping, serta stiker dan emblem TRD S.

 

.

.

.

Honda Brio Satya

  • Honda Brio Satya sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal 85 persen. Brio Satya mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia. Nama “Satya” berasal dari bahasa Sansakerta yang artinya “tulus” atau “setia”. Logo berbentuk bunga melati, merupakan bunga nasional Indonesia. Honda Brio Satya adalah produk yang akan memberi kontribusi positif. Kandungan lokal yang tinggi, jumlah pemasok lokal juga ikut naik. Sementara aktivitas produksi juga akan menggerakkan perekonomian serta membuka lapangan kerja baru.
  • Ketiga tipe, E, S dan A menggunakan platform Honda Brio yang sudah dikenal ketangguhannya. Terdapat lampu kabut dan pembersih kaca belakang untuk tipe tertinggi (E). Sementara penutup spion dan gagangan pintu sewarna dengan bodi diberikan untuk tipe E dan S. Pelek alloy 14 inci, power window, garnish bumper belakang, hingga spoiler belakang juga disematkan pada tipe E.
  • Audio double DIN, MP3/ WMA, Aux, USB, konektor iPod dipasang untuk tipe E. Juga ada tambahanb speaker depan dan belakang untuk tipe E dan S.
  • Meski murah, standar keamanan cukup baik. Dibuat dengan struktur bodi G-CON yang cukup kuat untuk menahan benturan. Semua tipe dilengkapi dua kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan. Lainnya adalah sabuk pengaman dengan pretensioner dan load limiter. Semua tipe juga dilengkapi immobilizer.
  • Mesin menggunakan teknologi i-VTEC SOHC 1.200cc empat silinder. Tenaga maksimalnya 88 PS dan torsi 11,1 kg.m pada putaran 4.000 rpm.
  • Tidak ada transmisi otomatik, semua manual 5-percepatan namun dilengkapi dengan teknologi Drive by Wire, Shift Hold Control dan Grade Logic Control.

 

.

.

.

Perbandingan Spesifikasi dan harga Mobil Murah

Spesifikasi

Honda Brio Satya

Toyota Agya

Daihatsu Ayla

Mesin

 

 

Tipe

1.2L, 4 silinder, SOHC, i-VTEC, 16 katup

1.0L, 3-silinder,DOHC, 12 katup

Kapasitas (cc)

1.198

989

Tenaga (PS/rpm)

88/6.000

65/6.000

Torsi (Nm/rpm)

109/4.500

85/3.600

Transmisi

manual

manual dan otomatis

Dimensi (mm)

 

 

Panjang

3.610

3.580

Lebar

1.680

1.600

Tinggi

1.485

1.510

Jarak sumbu roda

2.345

2.450

Radius putar (m)

4,5

4,4

Berat (kg)

930

745

Ban

175/65 R14

175/65-R14

Harga

127

110 juta- 74 juta

Harga dan Tipe Daihatsu Ayla
Harga dan Tipe Toyota Agya
Tipe
Harga Rp
Tipe
Harga Rp
D MT
75.500.000
E MT
99.900.000
D plus MT
85,900.000
E AT
110.250.000
M MT
90.950.000
GMT
106.650.000
M Plus MT
104.250.000
G AT
116.250.000
M AT
99.850.000
TRD S MT
111.150.000
M Plus AT
113.450.000
TRD S AT
120.750.000
X MT
97.950.000
X Plus  MT
105,100.000
X AT
107.000.000
X Plus AT
114.150.000

.

.

.

Provided By:

INDOLINE – Indonesia Online

Lebih baik memilih menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Majukan Indonesia Dengan inspirasi positif. “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Editor In Chief : dr Widodo Judarwanto SpA. Grand Editor: Audi Yudhasmara. Editor: Sandiaz Yudhasmara, Betanandya AndikaAddress: Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  phone 021-5703646 – 021-44661 email: newindonesiaonline@gmail.com http://newindonesiaonline.wordpress.com
Copyright © 2013, @Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Teknologi Transportasi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s