Pilih Kehebatan Yamaha Byson, Vixion dan Scorpio Z

Pilihlah Kehebatan Yamaha Byson, Vixion dan Scorpio Z

.

.

.

Yamaha Byson, Yamaha Vixion dan Yamaha Scorpio Z akan bertarung di segmen sport menengah dengan beberapa rival lainnya. Yamaha telah dikenal sebagai rajanya motor sport dan ini tetap dibuktikan dengan keunggulan produk yang ada di Yamaha. Saat ini, produk sport Yamaha diisi V-Ixion, Byson dan Scorpio Z. Meski komposisi penjualan motor sport terkecil di pasar motor nasional, tetapi pertumbuhannya tetap positif. Total penjualan wholesales motor sport di Indonesia mencapai 320.650 unit atau 8,6 persen dari total pasar. Yamaha V-ixion dan Scorpio Z masih memimpin dengan pangsa pasar 43,9 persen (140.899 unit) dengan model unggulan

Yamaha Bison

Yamaha Byson dibekali mesin 153 cc 4 tak SOHC air cooled yang mampu menghasilkan tenaga hingga 10,1 PS pada 7.500 rpm dengan torsi 10,5 Nm di 5.500 rpm. Sepeda motor jenis sport ini mempunyai dimensi 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm. Sistem suspensinya dibekali model Teleskopik 0,41 mm di depan dan Monocross di belakang yang mengapit ban tubeless ukuran 100/80-17M dan 120/70-17M.

Byson tampil dengan kelir baru emas dan hitam solid. Keduanya melengkapi tiga pilihan sebelumnya berkelir merah, biru, dan putih. Warna hitam solid menggantikan abu-abu. Emas merupakan salah satu warna tren dunia saat ini dan dihadirkan Yamaha di segmen motor sport. Warna hitam solid diciptakan untuk memenuhi permintaan konsumen yang menginginkan Byson tampil lebih gagah dan jantan. Yamaha mengaku pilihan Emas diperoleh dari sosok R1 1000 cc special edition yang dipasarkan di Amerika Serikat tahun ini. Sedangkan untuk desain stripping, terinspirasi dari baja solid pesawat tempur yang meruncing. Byson kini juga sudah AHO (automatic headlight on) dan kedua warna baru mulai dipasarkan Februari 2012. Bandrolnya Price: 20.900.000,-Harga on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnyaper unit (OTR Jakarta). Untuk spesifikasi mesin masih sama 153cc, 4-tak, berpendingin udara, tenaganya 10,1 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 10,5 Nm di 5.500 rpm.

Mesin

Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 153 cc
Diameter x Langkah : 58,0 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 10,1 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimum : 13,6 Nm / 6000 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1 Liter
Sistim Bahan Bakar : Karburator BS26 x 1
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

Chasis

Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Adjustable Monocross
Ban Depan : 100/80-17M/C 52P
Ban Belakang : 120/70-17M/C 58P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol

Dimensi

P x L x T : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.334 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 160 mm
Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
Berat Isi : 137 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter

Kelebihan dan kekurangan Byson:

  • Desain yang eksentrik ala Street Fighter. Tampilan kekar, lampu depan mirip paruh unggas, kontur body tajam-tajam, buritan cenderung menungging,
  • Speedometer dengan tampilan digital (kecuali penunjuk RPM).
  • Shockbreaker depan dengan diameter 41 mm (umumnya sepeda motor tipe sport lain masih menggunakan diameter +- 30 mm). Terlihat kekar, meskipun secara fungsional belum tentu lebih baik (karena berat).
  • Tangki berkuping dengan dilengkapi sudu-sudu pengarah udara. Membuat penampilan lebih gagah dan membantu mengumpulkan udara untuk meningkatkan pendinginan mesin ketika sedang melaju.
  • Disc brake depan terbilang lebar untuk standar kendaraan (267 mm). Meningkatkan kepakeman pengereman serta turut mendongkrak penampilan.
  • Seluruh ban sudah menggunakan ban tipe tubeless serta ukuran terbilang besar dibanding rata-rata kendaraan sekelasnya. Ban tubeless lebih tidak fatal ketika tertembus materi (semisal paku) karena tidak langsung bocor tapi bertahap, sehingga lebih mudah mencari penambalan ban. Ban yang besar mendukung tampilannya yang ala Street Fighter.
  • Shockbreaker belakang sudah Monoshock. Lebih stabil, mendongkrak penampilan pula.
  • Pengkatupan mesin masih SOHC, tapi rocker arm-nya sudah dilengkapi roller sehingga mengurangi gesekkan (gesekkan kurang : efisiensi & peforma lebih baik).
  • Calter sama persis dengan V-Ixion. Ada isu dari media-media otomotif, bahwa Byson sangat memungkinkan menggunakan blok V-Ixion, serta tidak menutupi nanti dibuat Injeksi pula (dimodifikasi).
  • Byson punya daya maksimal dan torsi maksimal yang besar : 13,73 daya kuda pada 7500 RPM & 13,6 Newton.meter pada 6000 RPM
  • Rasio kompresi masih menengah (9,5:1) masih aman sebenarnya pakai Premium, tapi lebih baik pakai Pertamax atau produk bahan bakar sekelas (semisal Shell Super, dll).

Point Kekurangan :

  • Terlalu berat untuk kendaraan berkapasitas 150 cc (137 Kg). Bandingkan dengan seniornya dahulu, Scorpio Z (lama) 225 cc tapi cuma 120an Kg. Jelas hal ini mengurangi kemampuan / peformanya nanti ketika melaju.
  • Rem belakang tipe tromol. Tentunya lebih pakem tipe disc brake, tapi rem belakang tromol punya kelebihan lebih bersih dan terhindar dari kotor, karena kaki-kaki belakang lebih rentang terkenda kotoran. Namun bila munggunakan discbrake walaupun cepat kotor, namun pengereman lebih pakem serta mendongkrak tampilan.
  • Dilihat dari segi harga, bila dibandingkan dengan rival-rivalnya dari brand India, jelas lebih mahal. (contoh : Apache RTR 160 , Bajaj Pulsar 180, dll).

.

.

.

Yamaha Vixion:

Kelebihan Vixon:

  • Mesin 150cc 4 klep berpendingin cairan, injeksi, power  14.88ps/8500 rpm, torsi 13.1 Nm/7500 rpm.
  • Sasis deltabox yg sangat stabil di luar kota utk boncengan sekalipun, berat 125 kg
  • Motor berteknologi tinggi dengan sistem injeksi
  • Bensin irit, 1:50.

MESIN

Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 149,8 cc
Diameter x Langkah : 57,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi : 10,40 :1
Daya Maksimum : 11,1 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 13,1 Nm / 7500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
Sistim Bahan Bakar : Throtlle body AC 28 -1
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

CHASIS

Tipe Rangka : Pressed Backbone (Deltabox)
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
Ban Depan : 2,75 – 17 41P
Ban Belakang : 90/90 – 17M/C 49P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol

DIMENSI

P x L x T : 2.000 m x 705 mm x 1.035 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.282 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 167 mm
Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
Berat Isi : 125 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter

.

.

.

Yamaha New Scorpio X

Perubahan Yamaha Scorpio Z facelift  tampak pada striping dan kombinasi warna. Desain striping terinspirasi dari bentuk magma meleleh yang mengeluarkan api panas. Itu bisa disimak pada tangki, cover side dan scoop air yang membuat tampilan Scropio Z semakin lebih powerful dan memberikan “Sensasi Tantangan Sejati” sesuai tagline-nya. Selain striping, Yamaha juga memperkaya tampilan Scropio Z dengan kombinasi warna baru, hitam (warna dasar) dipadu biru dan silver pada tangki, cover side dan airscoop. Sedangkan yang warna dasar merah dipadukan dengan silver dan hitam pada tangki, cover side dan scoop air. Yamaha juga melengkapi Scorpio Z baru dengan automatic head light on (AHO) yang menggeser fungsi saklar. Jadi, lampu  menyala otomatis saat motor dihidupkan. Apa yang diterapkan Yamaha ini sesuai dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 di mana pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari. Yamaha melempar Scorpio Z ke pasaran dengan harga Rp 23.790.000 (OTR) untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kelebihan:

  • mesin 225 cc, power 18.2 PS@8.000 rpm, torsi 17.5 Nm@6.500 rpm, terkenal tarikannya yg galak seperti RX King
  • Body gede & kekar (walau lampu depannya agak aneh…:D), berat 141 kg
  • Cocok buat turing atau keluar kota karena bodynya yg mantap, tenaga dan  torsinya yg besar

MESIN

Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 223 cc
Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 mm
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 13,4 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 17,5 Nm / 6500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,4 Liter / Penggantian Berkala : 1,2 Liter
Sistim Bahan Bakar : Karburator BS30 x 1
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

CHASIS

Tipe Rangka : Double Cradle
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban Depan : 80/100-18M/C 47P
Ban Belakang : 100/90-18M/C 56P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol

DIMENSI

P x L x T : 2.030 mm x 750 mm x 1.095 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.295 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 165 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Berat Isi : 142 kg
Kapasitas Tangki Bensin : Total : 13 Liter, Cadangan : 2,5 Liter

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

.

.

.

Provided By:

INDOLINE – Indonesia Online

Lebih baik memilih menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Majukan Indonesia Dengan inspirasi positif. “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Editor In Chief : dr Widodo Judarwanto SpA. Grand Editor: Audi Yudhasmara. Editor: Sandiaz Yudhasmara, Betanandya AndikaAddress: Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  phone 021-5703646 – 021-44661 email: newindonesiaonline@gmail.com http://newindonesiaonline.wordpress.com
Copyright © 2013, @Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Teknologi Transportasi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s