100 Pelawak Indonesia Paling Berpengaruh Sepanjang Masa Versi Indoline

100 Pelawak Paling Berpengaruh Sepanjang Masa Versi Indoline

  1. Bing Slamet Bing Slamet yang dilahirkan dengan nama Ahmad Syech Albar adalah salah satu maestro lawak Indonesia pada masanya bersama Kwartet Jaya, grup yang terdiri dari Bing Slamet, Ateng, Iskak dan Eddy Sud. Namanya sebenarnya pertama kali berkibar ketika bergabung dengan grup musik Eka Sapta yang dimulai pada tahun 1963, bersama beberapa nama terkenal seperti Yamin Wijaya, Ireng Maulana, Itje Kumaunang, Benny Mustapha dan Idris Sardi. Selain itu dia juga banyak bermain dalam film-film komedi pada era tahun 1960-an dan 1970-an. Untuk mengenangnya Titiek Puspa menciptakan lagu yang berjudul Bing.
  2. Benyamin Sueb Benyamin Sueb.jpgBenyamin Sueb adalah pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia. Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film. Lewat popularitas di dunia musik, Benyamin mendapatkan kesempatan untuk main film. Kesempatan itu tidak disia-siakan. Beberapa filmnya, seperti Banteng Betawi (1971), Biang Kerok (1972), Intan Berduri serta Si Doel Anak Betawi (1976) yang disutradari Syumanjaya, semakin mengangkat ketenarannya. Dalam Intan Berduri, Benyamin mendapatkan piala Citra sebagai Pemeran Utama Terbaik.
  3. Tukul Arwana Tukul arwana.jpgTukul Riyanto, atau lebih dikenal dengan nama Tukul Arwana adalah seorang pelawak dan pembawa acara Indonesia. Tukul dikenal dengan acara Bukan Empat Mata yang dibawakannya. Selain menjadi pelaku hiburan, Tukul juga merintis usaha yang bergerak di bidang hiburan, yang bernama “Ojo Lali Entertainment”.  Nasib mujur Tukul semakin membaik ketika ia diajak dalam produksi Lenong Rumpi oleh Ramon Papana. Titik balik kariernya pun mencuat ketika menjadi pendamping Joshua di video klip “Air” dengan iKon diobok-obok-nya sekitar tahun 1997. Nama Tukul Arwana semakin melambung ketika dipercayai untuk menjadi pembawa acara acara musik “Aduhai” di TPI serta acara “Dangdut Ria” di Indosiar. Saat ini, namanya kian melesat ketika TV7 (kini Trans7) mempercayakannya menjadi pembawa acara talk show Empat Mata (Kini Bukan Empat Mata). Tukul juga baru saja menyelesaikan syuting film layar lebar pertamanya yang berjudul Otomatis Romantis. Dalam film yang disutradarai Guntur Soehardjanto ini, Tukul berperan sebagai suami Wulan Guritno dalam sebuah rumah tangga yang ada di ujung kehancuran.
  4. S. Bagio S. Bagio adalah seorang pelawak dan pemeran Indonesia. Ia terkenal lewat grup lawak Bagio CS bersama Darto Helm, Diran, dan Sol Saleh.  Bagio pernah jugamembentuk grup ketoprak Suryo Budoyo, yang memakai bahasa Indonesia. Agar yang bukan orang Jawa pun bisa menikmatinya, demikian alasannya. Ia ingin melawak sampai tua. Kalau masih laku, katanya. Sebagai bekal ia telah memiliki tanah yang ditanami cengkih dan buah-buahan serta palawija. Ia juga sedang menulis buku, Bagaimana Aku Melawak. Skenarionya sudah difilmkan, Buah Bibir dan Pulau Putri. Ia adalah satu-satunya anak lelaki keluarga Siswo Soewarno, seorang asisten wedana di Sumbang Purwokerto. Ia sempat kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, namun tidak selesai karena ingin memusatkan perhatian pada karier melawak. Bagio CS selain muncul di televisi dan film, juga aktif di berbagai panggung dan rekaman lawak, kadang disertai Eddy Sud. Bagio biasanya memerankan tokoh yang kagetan dan latah dengan kata-kata “Eh, copot.. copot!” Selain itu Bagio pernah menjadi peran utama film Mat Dower dengan aktris seksi diwaktu itu, yaitu Rahayu Effendi dan juga pernah dinominasihkan di FFI dalam film Sang Guru.
  5. Timbul Suhardi
  6. Sule
  7. Kasino
  8. Jojon
  9. Tarzan (Srimulat)
  10. Asmuni (srimulat)
  11. Taufik Savalas
  12. Topan
  13. Gepeng Srimulat
  14. Bokir
  15. Bolot
  16. Ateng
  17. Kirun
  18. Lesus
  19. Komeng
  20. Aming Sugandi
  21. Aziz Gagap
  22. Bambang Gentolet (Srimulat)
  23. Basuki Srimulat
  24. Olga Syahputra
  25. Parto Patrio
  26. Andre Stinky
  27. Deni Cagur
  28. Soimah Pancawati
  29. Budi Anduk
  30. Tessy Kabul (Srimulat)
  31. Cahyono (Jayakarta)
  32. Bagiyo (partner Kirun)
  33. Edi Sud
  34. Darto Helm
  35. Didik Mangkuprojo Srimulat
  36. Ade Juwita
  37. Jalal
  38. Kadir (Srimulat)
  39. Kancil
  40. Didi Petet
  41. Diran
  42. Djudjuk Srimulat
  43. Eko Srimulat
  44. Dono (Warkop)
  45. Nunung Srimulat
  46. Doyok
  47. Aom Kusman
  48. Dorce Gamalama
  49. Dudung
  50. Esther (Jayakarta)
  51. Kang Ibing
  52. George Sapulete
  53. Indro Warkop
  54. Gogon (Srimulat)
  55. Iskak
  56. Jatikusumo (Kuartet S)
  57. Wendy Cagur
  58. Narji Cagur
  59. Jimmy Gideon
  60. Karjo ACDC
  61. Polo Srimulat
  62. Eko Patrio
  63. Didin (Bagito)
  64. Kartolo
  65. Marwoto
  66. Kelik Pelipur Lara
  67. Kiwil
  68. Mpok Atik
  69. Bendot (Srimulat)
  70. Mamiek Prakoso
  71. Mama Hengky
  72. Pete Srimulat
  73. Miing
  74. Mang Udel
  75. Mat Solar
  76. Nurbuat
  77. Mpok Nori
  78. Ogut
  79. Ginanjar 4 Sekawan
  80. Denny Chandra
  81. Harry de Fretes
  82. Opie Kumis
  83. Ratmi B29
  84. Paul Srimulat
  85. Blontang
  86. Suroto Suroboyo Srimulat
  87. Qomar
  88. Ranto Edi Gudel
  89. Ade Namnung
  90. Sol Saleh
  91. Susi Sunaryo
  92. Sapari (Kartolo cs.)
  93. Derry (4 Sekawan)
  94. Triman (Srimulat)
  95. Akri Patrio
  96. Abah Us Us
  97. Pak Tile
  98. U’uk
  99. Eko Londo (Eko Handai Taulan)
  100. Cholik (Pelita Group)

100 Terhebat, Terbaik Terhebat

Provided By:

INDOLINE – Indonesia Online

Lebih baik memilih menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Majukan Indonesia Dengan inspirasi positif. “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Editor In Chief : dr Widodo Judarwanto SpA. Grand Editor: Audi Yudhasmara. Editor: Sandiaz Yudhasmara, Betanandya AndikaAddress: Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  phone 021-5703646 – 021-44661 email: newindonesiaonline@gmail.com http://newindonesiaonline.wordpress.com
Copyright © 2013, @Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tokoh Indonesia, Tokoh Selebritis Indonesia dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s