Foto-Video : Ketika Pocong Kuntilanak Macetkan Kawasan Roxy Mas Jakarta

Ketika kabar berhembus kencang adanya isu penampakan pocong dan kuntilanak menyebar di media online, sekejap memacetkan kawasan Roxy. Masyarakat berbondong-bondong ingin melihat kebenaran kabar yang beredar di dunia maya dan media online lainnya seperti Blackberry mesenger. Tak ajal lagi hal itu memacetkan kawasan Roxy. Bahkan parkir liarpun digelar untuk menampung banyaknya warga Jakarta yang ingin melihat. Isu itu berawal ketika seorang anak kecil sedang kecing melihat pocong atau kuntilanak di sekitar pepohonan. Isu tersebut berkembang demikian gencar sampai terekspos di media online dan gadget BBM yang demikian dahsyat. Inilah Indonesia, begitu isu mistik mulai mengemuka maka tanpa pikir panjang masyarakat langsung merespon dengan semangat dan antusias yang sangat luar-biasa.

Isu itu bermula adanya kabar penampakan pocong disebuah pohon yang berada di Jalan Subur Raya, Jakarta Pusat, menghebohkan warga sekitar. Kabar penampakan pocong dan kuntilanak di Roxy, Jakarta Pusat, berhembus kencang. Isu penampakan pocong dan kuntilanak ini berawal dari seorang anak kecil yang sedang buang air kecil di bawah pohon yang diduga tempat nangkring makhlus halus tersebut. Saat Malam satu Suro (Sabtu 26 November) ada anak kecil kencing di bawah pohon itu. Dia nangis gara-gara lihat kuntilanak atau pocong. Terus mengadu kepada orangtua dan menyebar ke tetangganya. Setelah muncul pengaduan anak tersebut, warga pun menjadi penasaran. Warga lalu mengecek ke lokasi pohon tersebut. Keesokan harinya, kabar itu pun beredar ke warga di luar Roxy.  Sejak Jumat malam, warga beramai-ramai datang ke lokasi pohon tersebut untuk mengabadikan penampakan pocong. Sejak hari Senin (28/11/2011) lalu, kabar adanya pocong dan kuntilanak di pohon mahoni tersebut beredar dari mulut ke mulut. Masyarakatpun berbondong-bondong ke tempat iru. Meski sudah ditunggu beberapa malam, namun warga tidak ada lagi yang melihat penampakan kuntilanak dan pocong di pohon tersebut. Namun isu adanya pocong tersebut kemudian terus menyebar, hingga banyak orang diluar warga sekitar Jalan Subur Raya yang datang. Bahkan pada Kamis (1/12/2011) malam, warga yang datang ingin melihat penampakan tersebut semakin banyak. Semakin meningkatnya animo masyarakat yang datang itu, hingga memacetkan lalu lintas disini. Mereka mau lihat kemudian memfoto pohon tersebut, tapi tidak tahu ada yang ketemu atau tidak sama pocong dan kuntilanaknya.

Inilah Foto Yang Beredar di media Online Menghebohkan Kawasan Roxy

 

VIDEO : Penampakan kuntil anak dan pocong di Roxy Mas

Pocong

Pocong, atau pocongan adalah istilah yang merujuk kepada jenazah yang dibalut kain kafan. Istilah ini berasal dari bahasa Jawa, namun kemudian penggunaannya meluas dalam bahasa Indonesia. Pengenaan kafan biasanya dilakukan setelah jenazah dimandikan, dan ketujuh lubang utama tubuh (kedua mata, kedua lubang hidung, dua lubang telinga, dan anus) disumbat kapas.

Pocong sering ditampilkan sebagai salah satu wujud hantu dalam legenda di Indonesia, dan cukup kuat mewarnai genre film horor nasional. Pocong adalah sejenis hantu yang berwujud pocong. Di Malaysia, hantu semacam ini dikenal pula sebagai hantu bungkus.

Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan, pocong memiliki wajah berwarna hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.

Meskipun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat. Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu di masyarakat:

“Lihat saja cara berjalannya. Bila berjalannya melompat-lompat, lempar saja dengan batu, pasti akan teriak-teriak.”

Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.

Pocong sering kali mewarnai cerpen atau roman bertema misteri. Dalam sinema nasional Indonesia bergenre horor, pocong bahkan sering kali dihadirkan. Beberapa bahkan menggunakannya sebagai judul. Dalam parade ogoh-ogoh sebelum perayaan Nyepi di Bali, umpamanya, wujud pocong kerap diwujudkan, biasanya oleh kelompok masyarakat non-Hindu.

Artikel Terkait Lainnya

Supported By :

KORANDO – Koran Anak Indonesia, Yudhasmara Publisher “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”. Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646 email : korando.online@gmail.com http://mediaanakindonesia.wordpress.com/

Copyright 2011. Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terkini, Misteri-Ghaib, Save Our Green Earth dan tag . Tandai permalink.

4 Balasan ke Foto-Video : Ketika Pocong Kuntilanak Macetkan Kawasan Roxy Mas Jakarta

  1. Chandra B. berkata:

    hantu2 itu sukses mengorbitkan dirinya sendiri.. jadi terkenal.. :mrgreen:

  2. oalah masyarakat kita heboh sekali yach yg berbau gituan, padahal kan mereka sendiri sudah kita kenal, tapi kok seakan-akan blum kenal. Mending Ngaji dah pada biar benerin juga tuh Pocong sama Kuntilanaknya biar mereka masuk Islam..hehe (kidding)

  3. Aircraft berkata:

    Sekali pocong tetap pocong. Sepertinya pocong memang sudah menjadi mascot sinema horor Indonesia.

  4. Rizqi berkata:

    Kayaknya saya pernah liat dech foto itu,,
    tapi itu bukan foto..
    Itu adalah video penampakan pocong n Kuntilanak di Situbondo tahun 2005 yang di-cut untuk jadi foto.
    Ketika itu ada tim pemburu hantu yang melakukan adventure disana.. Hampir seluruh tim kesurupan termasuk kameramennya.
    Thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s