Akhirnya, Charly van Houten Hengkang Dari ST12

Vokalis sekaligus pencipta lagu ST12 Charly van Houten akhirnya secara resmi  hengkang dari band ST12.  Diduga penyebabnya karena Charly terlalu sibuk mengurusi manajemen yang dia kelola sehingga grupnya sendiri terbengkalai. Keputusan Charly itu, yang pasti akan membuat para penggemar “ST setia” akan berkabung. Bahkan Charly lebih memilih menyerahkan pengumuman ‘kemundurannya’ kepada ST12. Perbedaan kesamaan visi antara vokalis Charly van Houten dengan Pepep (drum) dan Pepeng (gitar), dua rekannya di grup ST12, belakangan juga disebut-sebut menjadi akar perpecahan band asal Bandung tersebut.  Perbedaan visi itu pun, diduga dilatarbelakangi dengan banyaknya karya-karya Charly yang belakangan keluar dari pakem bermusik pop melayu ala ST12. Charly memiliki kreatifitas bermusik tinggi, dia keluar karena ingin mengembangkan karirnya, dan supaya ST12 juga bisa berkembang dengan musiknya.

Setelah pecah kongsi dengan ST12, Charly dikabarkan akan menyalurkan kreativitasnya di Pangeran Cinta Manajemen. Menurut Rivai, Charly sudah banyak menyiapkan band baru, seperti Arul dengan Piterband dan beberapa penyanyi lainnya.

Mantan vokalis ST12, Charly van Houten memilih menggandeng penyanyi Syahrini setelah belum lama memutuskan keluar dari band yang sudah membesarkan namanya. Mereka sedang sibuk mempersiapkan single terbaru. Mereka berdua sedang berada di studio di Bandung untuk rekaman. Sekarang dia memang sedang mencoba memproduseri Syahrini dan Firman Idol, tapi yang ditargetkan harus selesai album milik Syahrini.

ST 12

ST 12

ST 12 adalah grup band Indonesia yang didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 2004. Grup ini didirikan oleh Ilham Febry alias Pepep (drum), Dedy Sudrajat alias Pepeng (gitar), Muhammad Charly van Houten alias Charly (vokalis), dan Iman Rush (gitaris). Nama ST 12 sendiri merupakan kependekan dari Jl. Stasiun Timur No. 12 yang merupakan markas berkumpulnya band ini. Sampai saat ini ST 12 telah menghasilkan 5 album musik.

Secara resmi ST 12 berdiri pada tanggal 20 Januari 2004, meski anggotanya telah lama berkecimpung di dunia musik. Sebelumnya, keempat personel ini tak saling kenal. Mereka sering bertemu di studio rental di Jalan Stasiun Timur 12, Bandung, milik Pepep. Nama ST 12 yang merupakan kependekan dari Jl. Stasiun Timur No. 12 adalah nama pemberian ayah Pepep, Helmi Aziz. Mereka juga berkompromi dengan mengambil aliran Melayu, Pop,Country, Akoustik dan Jazz, walau Charly menggemari jazz, Pepep suka jazz dan rock, sementara Pepeng tumbuh bersama musik rock. Sulitnya mendapat label rekaman yang mau menerima mereka, ST 12 akhirnya menempuh jalur indie (independent). Album perdana, Jalan Terbaik pun dirilis. Sayang, saat tur promosi album tersebut di Semarang, Iman Rush meninggal akibat pecah pembuluh darah di otak pada bulan Oktober 2005.

Kesuksesan album perdana ST12 membuat mereka dilirik Trinity Optima Production. ST12 pun merilis album kedua P.U.S.P.A (2008) yang didedikasikan untuk Iman. Band ini juga memengaruhi penyanyi cilik asal Amerika Serikat, Billy Gilman.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Musik, Tokoh Selebritis Indonesia dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Akhirnya, Charly van Houten Hengkang Dari ST12

  1. khoirul anwar berkata:

    mengapa kak charly kok keluar dari, ciptain lagu donk tuk anak2 pondok pesantren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s