Gemerlap Malam Tahun Baru di Kota Bandung

Gemerlap Malam Tahun Baru di Kota Bandung

Malam tahun baru adalah malam gegap gempita yang akan dirayakan semua bangsa di dunia, termasuk kota Bandung. Seperti kota besar lainnya di Indonesia di kota Bandung sebagian besar merayakannya dengan berpawai keliling kota menggunakan mobil dan sepeda motor. Terompet dari kertas karton, terompet plastik, kembang api dan mercon yang dibunyikan orang di jalan-jalan dan tempat hiburan telah menjadi kebiasaan masyarakat Bandung saat menyambut pergantian tahun. Hotel-hotel berbintang menawarkan paket bagi keluarga yang merayakan tahun baru dengan menginap di hotel dan villa atau sejenis penginapan. Selain itu, hotel dan tempat-tempat hiburan mengadakan jamuan makan malam dan pertunjukan musik. Cuaca cerah dan bersahabat menemani masyarakat Bandung merayakan pergantian tahun 2010 – 2011

Warga Jakarta dalam tahun baru biasanya juga akan menyerbu kota Bandung. Beberapa jalan menjadi macet, tempat hiburan, Mal dan hotel sebagian besar sudah penuh beberapa hari sebelumnya. Tingkat okupansi kamar-kamar hotel berbintang di Bandung yang mencapai 13.000 unit, pada akhir tahun rata-rata mencapai 100 persen. Tingginya tingkat hunian hotel berbintang ini, diperkirakan juga berdampak pada okupansi hotel non-bintang, serta hotel yang letaknya berada di pinggiran Kota Bandung.

Jumlah wisatawan sejak masa libur Natal dan Tahun Baru 2011 bisa mencapai 52.000 orang. Namun, wisatawan yang hanya berbelanja tetapi tidak menginap kemungkinan bisa mencapai ratusan ribu orang.   Dari data PT Jasa Marga cabang Pubaleunyi, jumlah kendaraan ke Bandung melalui jalan tol Purbaleunyi saat libur Tahun Baru diprediksi mencapai 198.000 per hari. Namun demikian, semua pihak diingatkan bahwa tingginya wisatawan yang masuk ke Bandung masih dibayangi ketidaksiapan infrastruktur di dalam kotanya, seperti tempat parkir.

Dalam keadaan sangat padat kendaraan kota Bandung sangat terbatas tempat lahan parkir dan ruas jalan sehingga banyak trotoar yang beralih fungsi. Seharusnya ruas jalan dan lahan parkir di kawasan Jalan Setiabudi dan RE Martadinata segera dibenahi karena kedua wilayah tersebut paling banyak menjadi tujuan wisatawan domestik dan mancanegara.

Masyarakat Bandung sudah mulai memadati jalan-jalan utama Bandung sejak pukul 20.00. Jalanan sudah mulai macet dipenuhi oleh mobil dan dan didminasi sepeda motor. Hirul pikuk suara motor ditimpali dengan tiupan terompet membuat suasana menjadi gegap gempita. Dibeberapa hotel mengadakan acara khusus.

Di hotel Holiday In mengadakan acara khusus bertemakan “Neverlands”. Tema peri dan bajak laut mendominasi acara tersebut. Acara yang dipenuhi para tamu hotel itu juga dimeriahkan oleh Pagi Band dan the Markus Band. Acara diakhiri dengan tiupan terompet dan bersulang bersama saat detik-detik pergantian waktu tahun baru.

Kampung Gajah

Tahun baru di Kampung Gajah Wonderland, mengusung konsep “Fun Game and Dance Music Festival”, Kampung Gajah mencoba menggabungkan music performance dari para DJ ternama dan atraksi-atraksi menarik seperti laser show, fire works, fire dancer theater dari Bali, face painting, street magician, fortune teller, dan happening art.

DJ-DJ yang dihadirkan Kampung Gajah dalam perayaan tahun baru kali ini adalah sederet DJ ternama dari dalam dan luar negeri. Sebut saja Paul Thomas (GODSKITCHEN / TOOLROOM RECORDS UK) asal Inggris, Marquee ( SYNAN RECORDING) dan Alannys Weber (SPINACH), dan sederet DJ dalam negeri lainnya.

Berbagai permainan yang tersedia di wahana Kampung Gajah Wonderland akan berkolaborasi dengan DJ performance dan atraksi menarik lainya. Track sageway yang sengaja dibuat di dance area, ATV & buggy night adventures, sky rider, dan sky view akan menambah pengalaman unik bagi para pengunjung di Kampung Gajah. Untuk dapat merasakan atmosfir new year eve celebration ini, pengelola Kampung Gajah Wonderland memberikan harga tiket sebesar Rp 75.000.

Provided By:

INDOLINE – Indonesia Online

Lebih baik memilih menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Majukan Indonesia Dengan inspirasi positif. “PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Editor In Chief : dr Widodo Judarwanto SpA. Grand Editor: Audi Yudhasmara. Editor: Sandiaz Yudhasmara, Betanandya AndikaAddress: Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  phone 021-5703646 – 021-44661 email: newindonesiaonline@gmail.com http://newindonesiaonline.wordpress.com
Copyright © 2013, @Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Terkini, Budaya Indonesia dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s